Gimana sih Menjadi Seorang Traveler? Berikut 5 Tips Membangun Sebagai Travel Blogger

Menjadi seorang traveler adalah salah satu impianku. Karena bagiku kerjaan mereka ini jalan-jalan yang dibayar. Bisa menjelajah ke suatu tempat indah di seluruh nusantara bahkan tempat yang indah di dunia, Bagiku menjelajah apapun itu bisa membuat pengalamaan yang luar biasa.



tips menjadi seorang traveler

Traveling membuat diri kita menjadi seorang yang bisa pandai bersyukur, bisa menghargai waktu dan menghargai orang lain. Di setiap waktu sangat berharga dalam menjelajah tempat, karena bisa mengetahui betapa indahnya tempat yang sudah dikunjungi.

Untuk menjadi seorang traveler memang bukanlah hal yang mudah, modal awalnya awalnya waktu yang panjang dan biaya yang besar. Karena di awal memang membutuhkan banyak persiapan mulai dari alat dan skill untuk menunjang menjadi seorang traveler.

Meski dulu aku pernah ingin bisa menjadi seorang presenter traveling, tapi aku terus mencoba banyak belajar dan mencari tahu caranya menjadi seorang traveler itu bagaimana sih ? Penasaran banget ingin mencari tahu dengan berbagai cara yang sudah lakukan.

Meskipun masih sering gagal, masih serinig diremehkan tapi aku tidak pernah putus asa ingin bisa meraaih impianku menjadi seorang traveler. Ternyata untuk menggapai impian  yang setinggi bintang gini bukan hal yang mudah ya?

Namanya aja mencoba apapun itu jadi semua kegiatan yang positif saya lakukan, lalu ada salah satu seorang teman berkata, 
"Kenapa nggak coba menulis perjalanan? Kan menjadi traveler tidak harus dengan menjadi seorang presenter, dengan menulis kamu juga bisa menjadi seorang traveler."
Akhirnya saya dipertemukan dengan yang namanya travel blogger. Awalnya memang sudah suka menulis, menulis tentang apapun yang aku rasakan. Mulai dari aktivitas seharian, menulis status di sosmed. Akhirnya sekarang aku sudah mulai mencoba untuk menulis tentang perjalanan wisata.

Menjadi Seorang Travel Blogger

Tidak ada kata terlambat untuk mencari sesuatu yang diimpikan, seperti yang baru aku lakukakn ini. Untuk menjadi seorang travel blogger. Lalu, bagaimana caranya aku bisa menjadi seorang travel blogger? 

cara menjadi seorang traveler


Membuat blog ini sama halnya aku membangun rumah sebuah bisnis, maka dari itiu aku harus bisa membuat manajemen waktu untuk tetap konsisten merawat dan mengembangkan. Karena saya sendiri suka bercerita apalagi mengenai traveling, kalau bisa bahkan menghasilan uang.

Siapa sih yang tidak mau mendapaktan penghasilan dari hobby treveling? Jelas itu termasuk salah satu alasan banyak orang ingin menjadai seorang traveler. Gimana sih menjadi seorang traveler? Berikut 5 tips menjadi seorang travel blogger :

1. Konten

Teknologi sudah berkembang terutama dibidang social media. Jadi dengan menulis salah satu topik penting jika ingin menjadi seorang traveler. Konten tulisan bisa dibuat melalui sebuah blog, maka sebutan dari seorang traveler di sini sebagai seorang travel blogger.

Sebenarnya sudah banyak sekali seorang traveler yang sudah berhasil. Karena keberhasilan mereka dari konsisten dalam membuat sebuah konten. Untuk membuat konten memang bukan hanya sekedar membuat tulisan saja, melainkan skill lainnya seperti videografi dan fotografi dibutuhkan untuk membuat sebuah konten.

Seorang travel blogger harus bisa menampilkan foto-foto atau video dari destinasi wisata yang akan ditulis nantinya. Maka dari itu kualitas foto atau video yang akan diunggah harus memiliki resolusi yang tinggi, sehingga foto atau video yang dihaslkakan terlihat jernih tidak pecah.

Konsisten membuat konten dengan menulis sambil didukung foto dan video untuk menarik pengunjung membaca blog yang sudah dibuat. Maka akan semakin banyak orang yang mencari tahu informasi seputar traveling yang sudah dikunjungi.

2. Personal Branding

Personal branding ini salah satu cara yang bisa dilakukan untuk memasarkan diri kita, dalam arti jika kita ingin menjadi seseorang yang ingin dikenal. Maka harus bisa membangun personal branding melalui public, bisa melalui web, social media atau lainnya.

Sebagai seorang creator penting banget mengunakan social media untuk digunakan media promosi sebagai personal branding. Banyak sekali seorang traveler yang membagikan foto ataupun videonya melalui social media,

Membuat personal branding sebagai travel blogger untuk menunjang keberhasilan menggapai bisa selalu traveling. Ketika sudah membangun personal branding maka orang lain akan mengganggap bahwa itulah pekerjaan yang harus dilakukan. 

Jika branding sudah kuat maka itulah diri yang sesungguhnya, bukan orang lain ataupun diri yang hanya berpura-pura. Untuk memperkuat personal branding sebagai travel blogger harus bisa membangun networking agar bisa memiliki satu visi dan misi.


3. Membaca

Membaca apapun sangatlah penting untuk menunjang pengetahuan, terutama membaca soal travel blogger. Bisa membaca melalui buku fisik ataupun melalui digital. Karena jika ingin menjadi seorang travel blogger, yang dilakukan perbanyak membaca karya para traveler yang sudah berhasil.

Agar seorang traveler pemula bisa mengikuti cara yang dilakukan oleh para travel blogger lainnya. Dengan membaca bisa mengetahui salah satu sumber, rekomendasi tempat jika  akan pergi ke destinasi wisata agar lebih efektif.

Membaca akan membuat kita mengetahui informasi tentang apapun itu. Dengan membaca nantinya akan memudahkan dalam proses membuat dan menulis konten. Karena membaca bisa mengetahui bagaimana bisa mendesain gaya menulis dan tampilan konten supaya sesuai dengan keinginan para pembaca ataupun pengunjung blog kita.

Awalnya membaca ini tidak hanya sekadar membaca kemudian tahu informasi ataupun hiburan semata, melainkan membaca digunakan sebagai riset mencari tahu informasi penting untuk membangun menjadi seorang travel blogger.

4. Komunitas

Jika ingin menjadi seorang traveler perlu mencari komunitas untuk memperluas networking. Adanya komunitas travel blogger ini untuk saling mendukung satu sama lain. Pastinya untuk mempromsikan blog yang dimiliki.

Dengan mengikuti komunitas blogger juga untuk mendapatkan informasi soal bagaimana transportasi untuk bisa mencapai tujuan destinasi wisata, ataupun bisa sebagai rekomendasi wisata kuliner yang enak dan wisata lainnya yang menarik dengan lokasi tujuan destinasi wisata utama.

Jika sudah mengikuti komunitas maka harus mengikuti peraturan yang ditetapkan oleh ketua komunitas atau admin komunitas. Dalam suatu komunitas pasti memiliki peraturan yang berbeda, salah satu diantaranya anggota komunitas tidak diperbolehkan anggotanya saling ujar kebencian SARA, untuk berjualan di grup.

Biasanya anggota harus memposting sesuai dengan format yang sudah ditentukan. Jadi kita sebagai anggota harus bisa mengikuti peraturan agar tidak dikeluarkan dari grup komunitas. Jika komunitas blogger berarti yang dibahas tidak jauh dari ilmu tentang dunia perbloggeran.

Maka dari itu menjadi seorang travel blogger harus bisa saling berkomunikasi dengan sesama, apalagi bisa berkolaborasi untuk saling mendukung satu sama lain dalam membangun seorang travel blogger sehingga bisa sama-sama berkembang.

5. Belajar

Aku sangat suka dengan belajar apapun itu, terutama saat ini belajar bagaimana cara menjadi seorang travel blogger. Belajar tidak mengenal usia, terutama dikbidang menulis setiap saat harus bisa untuk upgrade skill,

Skill di era teknologi yang terus berkembang ini akan menunjang seseorang untuk mendapatkan karir ataupun pekerjaan yang diimpikan seperti membangun sebagai seorang travel blogger. Belajar tidak hanya duduk dibangku sekolah saja,.

Belajar bisa melalui orang-orang disekitar ataupun dari media apapun seputar cara menjadi seorang traveler. Terutama belajar tentang bagaimana caranya bisa membuat sebuah konten tulisan, foto ataupun video yang menarik untuk bisa menjadi seorang travel blogger.

Itulah 5 tips menjadi seorang travel bloggermenjadi seorang solo traveller bukan sekedar menunjukan keberanian, tapi bagaimana kamu menikmati masa muda dengan berpetualang dan mengenali diri sendiri lebih jauh.

Mungkin Kamu Suka

0 Komentar

Terima kasih sudah berkomentar. Semoga bermanfaat