Menikmati Kelezatan Lontong Kupang di Alun-Alun Gresik

Sudah pernah tahu lontong kupang belum? Kalau belum aku mau cerita nih tentang Lontong Kupang yang merupakan salah satu kuliner khas Jawa Timur. Mungkin ada beberapa yang belum mengetahuinya, untuk mereka yang berasal dari luar Jawa Timur salah satunya lontong Kupang yang berada di Alun-alun Gresik.



Bagi orang Gresik sendiri, pasti tidak asing dengan Lontong Kupang yang ada di Alun-alun Gresik ini. Nah, kupang sendiri merupakan sejenis kerang kecil yang hidup dilumpur air asin, bentuknya mirip dengan kerang, tetapi ukurannya lebih kecil, diameternya sekitar 4cm, warna tubuhnya kelabu.

Kupang hidup menempel pada tumbuhan air yang bersifat tenang. Oleh para nelayan, kupang ditangkap dengan alat yang sederhana, yaitu dengan menyabit rerumputan air yang banyak dihuni kupang.

Setelah kupang telah didapat maka kupang dpisahkan dari cangkangnya dengan cara merebus. Setelah direbus maka isi kerang kecil ini akan keluar, dan terpisah dari cangkangnya.

Di Jawa Timur penangkapan kupang ini bisa ditemui didaerah pesisir utara antara lain di pantai Sidoarjo, dan Pasuruan. Cara memasak kupang juga sangat mudah, hanya dicuci bersih, direbus dengan air sampai matang. Masyarakat Jawa Timur lebih akrab menyebut kuliner ini dengan lontong kupang.

Popularitas lontong kupang memang tidak sebanyak dahulu. Kadang sedih kalau diingat, beberapa kuliner tradisional semakin memudar. Meskipun warung lokal lontong Kupang di Alun-Alun Gresik ini tidak sebesar makanan modern.

Jangan sampai popularitas lontong kupang yang ada di Gresik ini menghilang, hanya karena tidak ada generasi penerusnya atau bahkan kalah dengan olahan makanan modern.

Menikmati Kelezatan Lontong Kupang di Alun-Alun Gresik





Untuk masalah rasa lontong Kupang ini tidak kalah lezatnya lho, kuliner unggulan Jawa Timur ini boleh diadu buat para pecinta kuliner tepatnya berada di Alun-alun Gresik.

Seperti namanya, lontong kupang ini menyajikan irisan lontong yang dipadukan dengan kupang sejenis kerang yang bewarna putih abu-abu dengan bentuk yang kecil-kecil.

Kedua bahan dasar ini kemudian dipadukan kuah dari campuran petis dengan sate kerang. Cita rasanya sungguh menggoda sekali, tidak kalah dengan kuliner lainnya. Dahulu kuliner ini bisa dengan mudah ditemukan di jalanan sekitar kota Gresik.

Namun saat ini sudah terbilang langka, jika sedang mencari tempat jual lontong kupang di Gresik, maka bisa menikmati kelezatan Lontong Kupang di Alun-Alun Gresik.

Berkunjung ke alun-alun Gresik tidk lengkap tanpa mencicipi makanan lontong Kupang. Nah, sempatkanlah mampir di warung lokal pinggir jalan alun-alun Gresik.

Sajiannya dengan petis yang lezat sehingga rasanya gurih dan sedap. Adanya lontong Kupang ini biasanya sudah ada pukul 09.00 WIB sampai malam. Para penjualnya masih menggunakan tradisional dengan mengangkat jualannya yang diletakan di bahu.

Sebelum saya memfoto bapak penjualnya aku izin terlebih dahulu, untuk mengambil gambar yang aku abadikan ini bapaknya tersenyum. Melihat senyum bapaknya aku ikut bahagia, kerja keras berdagang lontong Kupang termasuk salah satu perjuangan orang tua.

Lontong kupang terkenal di alun-alun kota Gresik ini sangat ramai, jadi bisa untuk keluar dari kapanpun, mau pagi sampai malam. Tidak perlu mengantri lama untuk menikmati seporsi lontong kupang yang ada di alun-alun Gresik.

Buat pecinta pedas, bisa menambahkan beberapa cabe ke dalam menu lontong kupang yang akan dinikmati. Nah, harganya ini juga terjangkau dengan harga Rp. 15.000 untuk seporsi lontong kupang dengan sate kerang 4 tusuk.

Paduan rasa asam, asin, manis bercampur jadi satu cukup menambah keunikan kuliner ini. Berkunjung ke Gresik tidak lengkap jika tidak mencicipi lontong kupang yang ada di alun-alun Gresik. Buat pecinta kuliner sangat cocok untuk memanjakan lidah dengan makanan yang satu ini.

Yuk, bolehlah mampir ke warung lokal kuliner yang satu ini. Nah, gimana? Tertarik mencobanya tidak? Untuk porsi sajian lontong kupangnya yang cukup banyak sehingga sangat memuaskan dan mengenyangkan.

Itulah deretan kedai dan warung lontong kupang terkenal di Sidoarjo dan Surabaya. Nah, dari beberapa rekomendasi diatas, kira-kira mana kedai atau warung lontong kupang yang hendak Kamu datangi?
Jangan lupa untuk menikmati seporsi lontong kupang dengan sate kerang.

Dua paduan rasa ini dijamin bikin ketagihan. Khusus untuk Kamu yang tidak begitu suka dengan kerang, disarankan untuk melengkapi sajian makanmu dengan es kelapa muda untuk menetralkannya.

Sajian Lontong Kupang 

Kupang lontong disajikan dengan kuah, dan bumbu yang digunakan berupa: bawang putih yang diiris tipis-tipis (digoreng), cabe, dan petis (terbuat dari udang yang dihaluskan),kemudian digerus dengan sendok diatas piring yang akan disajikan.

Sesudah digerus akan diencerkan dengan membubuhi sedikit kuah rebusan kupang, di tambahkan irisan lontong diatasnya kemudian ditambah dengan lentho (campuran singkong parut, kacang dele, kelapa parut, dan bumbu bawang putih, ketumbar, garam, gula).

Kupang yang sudah direbus matang selanjutnya disiramkan diatasnya beserta kuahnya, terakhir ditaburi dengan bawang goreng. Kupang ini akan lebih lengkap apabila disantap dengan sate kerang, dan untuk pelengkapnya kerupuk kupang

Ada beberapa orang yang alergi kupang lontong. Nah, untuk menetralisirnya dengan minum es kelapa muda (degan). Karena biasanya kalau alergi dengan seafood, akibatnya kepala pusing atau bahkan gatal-gatal.

Kandungan Gizi dalam kupang 

Kadar air 75,70%,

Kadar abu 3,09%,

Protein 10,85%,

Lemak 2,68%, dan

Karbohidarat 1,02%.

Kandungan Gizi Lontong per buah 

Energi 237,3 kkal,

Protein 2,8 g,

Lemak 0,1 g,

Karbohidrat 54,1 g,

Kalsium 6,7 mg,

Fosfor 29,3 mg,

Besi 0,7 mg, dan

Seng 0,8 mg. 

Iya itulah Menikmati Kelezatan Lontong Kupang di Alun-Alun Gresik. Jadi 1 porsi sudah lengkap, selain bisa makan yang enak sekaligus gizinya juga cukup apalagi dengan segarnya es kelapa muda (degan).

Mungkin Kamu Suka

0 Komentar

Terima kasih sudah berkomentar. Semoga bermanfaat