Keindahan Ranukumbolo Semeru, Liburan ke Surganya Jawa Timur

Liburan favorit ternyaman bagiku ditempat ketinggian gunung dengan mendaki. Karena liburan mendaki buatku suatu perjuangan yang membutuhkan effort untuk bisa menggapai keindahan.



Salah satunya di Ranukumbolo ini, karena bagiku Ranukumbolo tempat pertama kali bertemunya aku dan suami. Ranukumbolo yang merupakan sebuah danau yang lokasinya berada di bawah kaki Gunung Semeru. Danau ini memiliki keindahan alam yang luar biasa.

Keingat ini ndak, film 5cm yang lagi ramai waktu itu loh. Jadi Ranukumbolo ini merupakan pos peristirahatan menuju gunung Semeru yang dijadikan syuting film 5cm.

Lokasi Dan Alamat Ranu Kumbolo

Lokasi Ranu Kumbolo berada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), tepatnya berada di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Nama Ranukumbolo dari bahasa suku Tengger, kata ranu merupakan danau. Lokasi danau ini berjarak sekitar 10 kilometer dari Ranu Pani, dengan waktu tempuh 180 menit atau 3 jam. 

Danau ini memiliki luas 12 hektare, Ranu Kumbolo jadi danau terbesar dan terindah dari semua danau dalam kawasan TNBTS. Area tepian Danau Kumbolo jadi lokasi perkemahan yang paling disukai para pendaki.

Dengan berada di ketinggian sekitar 2.400 mdpl, udara di sekitar Ranu Kumbolo sangat sejuk. Di sekitar Gunung Semeru sendiri, terdapat beberapa ranu atau danau yang lokasinya tidak begitu berjauhan seperti :

Ranu Regulo,

Ranu Tompe,

Ranu Darunga, dan

Ranu Pani.

Rute menuju ke Ranu Kumbolo

Perjalanan menuju Ranu Kumbolo paling mudah menuju Pasar Tumpang, karena jika menggunakan transportasi umum bisa menggunakan jasa ojeg untuk menuju Pasar Tumpang itu sendiri.

Dari sana dilanjutkan dengan menyewa jeep ataupun menggunakan ojeg untuk sampai di Ranu Pani, dimana estimasi waktu yang harus dilalui sekitar 1,5 jam.

Karena ketika menuju Ranu Pani, kami menggunakan kendaraan pribadi menaiki motor. Hanya saja jalur yang kamu lewati cukup berkelok, menanjak naik turun dan jalannya juga tidak begitu lebar, jadi harus sangat berhati-hati ketika membawa kendaraan pribadi.

Awal Pendakian Ranukumbolo 

Jadwal Buka Ranu Kumbolo

Jam operasional Ranu Kumbolo dibuka setiap hari Senin hingga Minggu, selama 24 jam nonstop.

Namun untuk saat ini jalur pendakian Gunung Semeru ditutup sementara, hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Tiket Masuk Ranu Kumbolo

Harga tiket masuk menuju Ranu Kumbolo sekitar Rp. 47.000,- per orang. Harga sewa jeep untuk sekali jalan sekitar Rp. 650.000,-

Harga bisa berubah sewaktu-waktu. Jadi aku sendiri tidak mengetahui harganya yang pasti saat ini.

Fasilitas Ranu Kumbolo

Fasilitas pendukung di sekitar Ranu Kumbolo tidak selengkap ketika sedang berada di lokasi wisata modern lainnya, karena kondisinya memang jalur pendakian di hutan yang luas. Namun untuk kebutuhan toilet serta warung masih tersedia. 

Pendakian Menuju Ranu Kumbolo

Perjalanan menuju Ranu Kumbolo tidak begitu terjal dan sulit untuk dilalui, terutama buatku pendaki pemula waktu itu, karena jalurnya sudah tertata dengan baik sehingga kamu tinggal menyusuri jalan yang sudah ada.

Kelak jika si kecil sudah besar, aku ingin bisa mengajaknya ke tempat favorit kita, Ayah sama Ama pertama kali bertemu.

Nah, sebelum menuju Ranu Kumbolo akan melewati sedikitnya 4 pos, dengan alokasi waktu dan jarak sebagai berikut :

Pos 1 (2.266 mdpl)

Untuk menuju Pos 1 sekitar 1 jam perjalanan. 

Lokasinya di Blok Landengan Dowo. Berjarak 3 kilometer dari Ranu Pani dengan waktu tempuh 60 menit. Landengan Dowo menjadi lokasi jalur pendakian pertama yang didominasi pohon cemara gunung.

Di Pos 1 ada pondok peristirahatan, persis di ujung tanjakan. Dari Pos 1 menuju Pos 2 kira-kira memakan waktu sekitar 20 menit saja.

Pos 2 (2.390 mdpl)

Lokasinya di Blok Watu Rejeng. Di Pos 2 terdapat pondok kecil peristirahatan. Jalur pendakian yang mendekati Ranu Kumbolo ini berjarak 5 kilometer dari Ranu Pani, dengan waktu tempuh 90 menit atau 1,5 jam. Dari Pos 2 menuju Pos 3 sekitar 45 menit.

Pos 3 (2.439 mdpl)

Lokasinya masih di Blok Watu Rejeng. Rute dari Pos 2 ke Pos 3 termasuk yang terpanjang dari semua rute dari Ranu Pani ke Ranu Kumbolo.

Pos 4 (2.451 mdpl)

Lokasinya di area bagian atas Ranu Kumbolo. Di sini terdapat pondok kecil peristirahatan dan biasanya selalu saja ada pendaki rehat sejenak di situ sebelum turun menuju shelter Ranu Kumbolo.

Dari Pos 3 menuju Pos 4 dan kemudian Ranu Kumbolo sekitar 45 menit.

Untuk trekking menuju ranu kumbolo estimasi waktu tersebut tergantung pada kecepatan dan kekuatan setiap orang itu sendiri, bisa jadi lebih cepat atau bahkan lebih lambat.

Keindahan Ranukumbolo Semeru, Liburan Favorit ke Surganya Jawa Timur

Keindahan alam yang dimiliki Ranu Kumbolo tak terlepas dari kisah mitos atau legenda yang mengiringinya. Masyarakat di sekitar Ranu Kumbolo sangat memegang erat adat istiadat yang sudah diturunkan secara turun temurun.

Jadi dekitar Desa Ranu Pani terdapat area untuk memakirkan kendaraan, jadi tidak perlu khawatir jika membawa kendaraan pribadi. Nikmati keindahan yang ada di Ranukumbolo sangat sulit untuk dilupakan.

1. Alam Yang Sangat Indah

Setiap musim tertentu Ranukumbolo dihiasi bunga yang cantik, karena hanya beberapa bunga yang hanya tumbuh di bulan-bulan tertentu saja. Ranukumbolo sendiri dikelilingi oleh bukit-bukit serta danau yang luas dan tenang.

2. Panorama Sunset Dan Sunrise Yang Cantik

Jika memutuskan untuk camping dan bermalam bersama alam, jangan lewatkan untuk menyaksikan panorama sunset atau sunrisenya. Pengalaman tersebut itu tidak akan di dapati setiap saat, apalagi ketika menyaksikannya di Ranu Kumbolo. Sangat menakjubkan, suguhan alam yang diberikan dari Allah SWT.

Iya itulah destinasi wisata favorit yang pernah dikunjungi, kalau bisa tidak hanya sekali dua kali jika ingin mengunjungi Ranukumbolo, tempat surganya Jawa Timur. Semoga nanti diberikan panjang umur, jadi bisa mengunjungi bersama si kecil jika dia sudah besar.

Mungkin Kamu Suka

0 Komentar

Terima kasih sudah berkomentar. Semoga bermanfaat